PERATURAN

MOBILE LEGENDS CAMPUS CHAMPIONSHIP INDONESIA

Online & Offline University Qualifier

PERATURAN DAN REGULASI TURNAMEN MOBILE LEGENDS CAMPUS CHAMPIONSHIP INDONESIA 

  • Persyaratan Pemain
  • Setiap pemain diwajibkan hadir di semua aktivitas yang berkaitan dengan turnamen yang mereka ikuti, seperti hari pertandingan dan liputan media.
  • Setiap pemain wajib memiliki KTM ( Kartu Tanda Mahasiswa) sebagai bukti sah bahwa pemain tersebut adalah benar mahasiswa di dalam suatu universitas.
  • Pakaian Yang Wajib Dikenakan:
  1. Saat babak kualifikasi, peserta turnamen wajib mengenakan pakaian yang sopan dan rapi selama babak kualifikasi MLCC berlangsung. 
  2. Panitia MLCC mempunyai hak untuk memberi keputusan akhir yang mutlak tentang pakaian yang dikenakan oleh tim.
  3. Seragam yang dikenakan oleh pemain harus disediakan oleh pihak pemain. 
  4. Identitas: Peserta turnamen tidak berhak untuk menutupi muka atau mencoba untuk menyembunyikan identitas mereka dari panitia MLCC. Masker wajah dan juga topi tidak boleh digunakan selama acara berlangsung. Apabila ada kondisi khusus terkait hal ini, peserta disarankan untuk menghubungi panitia untuk meminta izin.

Persyaratan Tim

  1. Team terdiri dari 5 mahasiswa yang berada dalam 1 universitas yang sama.
  2. Komposisi pemain adalah 5 mahasiswa aktif yang masih berkuliah di universitas tersebut.
  3. 1 player ditunjuk oleh anggota tim nya untuk menjadi kapten timnya masing-masing.

Nama Tim, Inisial Nama Tim, dan Nama Pemain

Campus Online & Offline Qualifier

  1. Setiap tim diizinkan memakai 1 inisial nama tim (terdiri dari maksimal 4 karakter) di depan nama setiap pemain (IGN) selama turnamen berlangsung. Inisial tim ini hanya boleh terdiri dari huruf besar, huruf kecil, atau angka 0-9.
  2. Penggunaan nama pemain yang mengandung unsur SARA & seksualitas akan berakibat tim di diskualifikasi oleh pihak panitia.
  3. Nama pemain hanya boleh menggunakan nama yang telah ditetapkan oleh masing-masing tim secara resmi.
  4. Dengan mendaftar, semua tim mengetahui dan menyetujui bahwa semua pemakaian foto, video, dan semua bentuk rekaman media selama turnamen berlangsung telah diberikan persetujuan secara hukum dari semua pemain untuk keperluan media dan marketing.

Format Online & Offline Qualifier

MLCC Online University Qualifier

  1. MLCC akan mengadakan kualifikasi di 32 universitas dalam 10 kota di Indonesia yang telah dipilih. Setiap universitas mendapatkan 64 slot team untuk total maksimum tim. 32 slot tim disediakan untuk mahasiswa yang berasal dari universitas tempat dilakukannya kualifikasi yang kita sebut dengan istilah “home” dan 32 tim lainnya untuk mahasiswa yang berasal dari universitas lain yang kita sebut dengan istilah “away”. 
  2. Porsi pembagian slot home & away juga bisa berubah tergantung antusias tim yang mendaftar.
  3. 1 tim terdiri dari 5 player yang merupakan mahasiswa aktif dari universitas yang sama. 
  4. Tim yang berasal dari universitas diluar universitas tempat diadakannya kualifikasi terbuka, hanya boleh mendaftarkan timnya dengan catatan berada di provinsi yang sama dari universitas tempat diadakannya kualifikasi terbuka.
  5. Kualifikasi online menggunakan sistem single elimination, best of one
  6. Kualifikasi online akan berlangsung selama 1 hari.
  7. Setiap tim tuan rumah “home” dan team penantang dari luar universitas “away” akan diacak pada babak pertama penyisihan kualifikasi.
  8. 16 tim yang bertahan dari total 64 tim yang bertanding akan melaju ke babak Offline University Qualifier yang diadakan di universitas yang telah ditunjuk oleh panitia pelaksana.

MLCC Offline University qualifier

  1. 16 team yang telah lolos di babak online university qualifier akan bertanding untuk memperebutkan 1 tiket menuju ke babak Online Regional Qualifier.
  2. Pemenang akan mewakili universitas yang sesuai dengan KTM yang digunakan pada saat proses pendaftaran untuk bermain di Online Regional Qualifier.
  3. Apabila Juara dari kualifikasi universitas MLCC adalah mahasiswa yang bukan berasal dari tim universitas tuan rumah, maka pemenang/tim tersebut diwajibkan untuk mengurus surat perizinan untuk mengikuti turnamen MLCC yang ditujukan ke pihak universitas tempat mahasiswa/tim tersebut berasal.
  4. Surat perizinan mengikuti turnamen akan diberikan oleh pihak panitia MLCC, dan wajib diserahkan kepada pihak panitia dengan catatan telah ditandatangani oleh pihak universitas tempat mahasiswa/tim tersebut berasal, paling lambat 4×24 jam setelah kualifikasi universitas di kota tersebut dilaksanakan.
  5. Apabila mahasiswa/tim yang juara tidak dapat memenuhi syarat perizinan sesuai dengan waktu yang telah ditetapkan oleh panitia, maka mahasiswa/tim tersebut tetap mendapatkan hadiah kualifikasi namun tidak akan bisa diikutsertakan untuk melaju ke babak selanjutnya yaitu Online Regional Qualifier dan kemudian perwakilan universitas untuk berlaga di babak Online Regional Qualifier akan dialihkan ke tim yang menempati posisi juara ke-2 pada kualifikasi universitas MLCC dan seterusnya.
  6. Lokasi pertandingan akan ditentukan & diinfokan oleh panitia penyelenggara MLCC pada saat technical meeting.
  7. Sistem pertandingan pada saat babak 16 besar adalah Single Elimination, best of one.
  8. Sistem pertandingan pada saat babak perempat final sampai grand-final adalah Single Elimination, best of three.
  9. Setiap pemain WAJIB menunjukkan KTM (Kartu Tanda Mahasiswa) sebagai syarat sah dalam memulai pertandingan.
  10. KTM yang ditunjukkan harus sesuai dengan KTM yang diunggah pada saat melakukan proses pendaftaran.
  11. Apabila seluruh syarat dari kedua tim sudah terpenuhi, pertandingan bisa langsung dilaksanakan.
  12. Kualifikasi offline akan berlangsung selama 1 hari.
  13. Seeding bracket akan sesuai & berlanjut berdasarkan bracket dari online university qualifier.

Pengaturan Pertandingan

Setelan Lobby

Kualifikasi Online :

  1. lobby akan dibuat oleh kapten dari masing-masing team
  2. Tim yang berhak untuk membuat lobby adalah tim yang namanya berada pada posisi bagian atas bracket, memiliki tugas sebagai pembuat lobby dan mengundang kapten lawan untuk masuk ke dalam lobby. 
  • Posisi tim pada kualifikasi online adalah tim bagian atas bracket menempati sisi tim kiri lobby dan tim bagian bawah bracket menempati sisi tim kanan pada lobby.

Contoh : Team Trisakti 1 VS Team Trisakti 2, maka team trisakti 1 akan membuat lobby pertandingan, menempati posisi kiri slot tim dalam lobby.

 Kualifikasi Offline

  1. Lobby akan dibuat oleh panitia pelaksana turnamen.
  2. Pemilihan sisi akan diputuskan dengan coin toss (kepala atau ekor).
  3. Tim yang memenangkan coin toss akan memilih sisi untuk game pertama.
  4. Tim yang kalah coin toss akan memilih sisi untuk game kedua.
  5. Tim yang memenangkan coin toss akan memilih sisi untuk game ketiga. 

Sistem Match

  1. Game Pause boleh diajukan dan akan dilakukan oleh wasit pertandingan. Masing-masing tim hanya mempunyai maksimal waktu Game Pause selama 5 menit per game. Pemain tidak diperbolehkan untuk meninggalkan tempat selama Game Pause berlangsung.
  2. Total waktu game – Game berlangsung sampai pemenang bisa diketahui. Pemenang adalah tim yang berhasil menghancurkan Core tim musuh atau jika musuh menyerah.
  3. Apabila game mengalami bug fatal apapun saat berlangsungnya pertandingan yang menyebabkan perubahan game stats atau mekanisme game, atau jika situasi dan kondisi tidak memungkinkan, maka pengulangan pertandingan boleh dilakukan. Panitia MLCC harus memastikan bahwa bug ini cukup fatal dan dapat dibuktikan.
  4. Apabila pemain mengalami bug yang fatal, mereka harus segera melaporkan kepada wasit dan mengajukan game pause.
  5. Setiap kapten tim harus memverifikasi bahwa semua pemain di timnya sudah menyelesaikan settingan game yang diinginkan.
  6. Memulai pertandingan tepat waktu.
  7. Setiap tim diharapkan sudah masuk di lobi in-game dengan waktu menunggu maksimal adalah 10 menit.
  8. Waktu yang sudah ditetapkan untuk satu pertandingan adalah jadwal siaran yang sudah ditetapkan untuk pertandingan atau 10 menit setelah pertandingan sebelumnya selesai.
  9. Jadwal siaran akan diberitahukan kepada semua tim oleh admin turnamen minimal satu hari sebelum pertandingan yang dijadwalkan.
  10. Apabila ada tim yang belum siap selama waktu yang ditentukan, maka lawannya bisa mendapatkan menang WO dengan menghubungi admin dan admin akan memeriksa lobby.
  11. Apabila kedua tim setuju, mereka dapat menunda waktu mulai pertandingan maksimal hingga 10 menit. Setelah 10 menit, siapapun tim yang pemainnya hadir lebih banyak dapat mengajukan menang WO dengan menghubungi admin dan admin akan memeriksa lobby.
  12. Apabila pertandingan sebelumnya dibatalkan karena diskualifikasi, maka tim selanjutnya sudah harus bersiap di lokasi.
  13. Tidak diperkenankan untuk melakukan remake tim setelah creep wave yang pertama muncul.
  14. Semua hasil wajib dilaporkan kepada masing-masing admin tepat setelah pertandingan selesai.

Pengaturan Device & Internet

  1. Pemain harus menggunakan device pribadi miliknya untuk pertandingan.
  2. Device harus tetap dalam posisi charging apabila level baterainya berada di bawah 70%.
  3. Koneksi internet menjadi tanggung-jawab masing-masing player selama kualifikasi online dan offline. Pihak panitia tidak menyediakan jaringan internet selama kualifikasi offline di masing-masing universitas, kecuali di 10 universitas yang terpilih.
  4. Segala macam permasalahan internet yang terjadi pada device masing-masing peserta bukan tanggung-jawab dari panitia penyelenggara.

Perilaku Umum

Etika Pertandingan

  1. Semua anggota tim dalam MLCC wajib duduk sesuai dengan posisi yang diinstruksikan oleh admin pertandingan selama pertandingan berlangsung, dan tidak diperbolehkan untuk meletakkan kaki di atas kursi, duduk bersilang kaki atau bersikap yang tidak pantas. Device wajib digunakan di atas meja.
  1. Kompetitor dan anggota tim harus menghormati perintah panitia pelaksana; menahan diri untuk tidak membuat suara yang berisik, bermain-main atau melakukan hal-hal yang berefek negatif pada persiapan tim lain; dan menjaga ruang tim tetap bersih dan rapi.
  2. Selama pertandingan, lawan tidak diperkenankan untuk berdiri atau meninggalkan tempat duduknya tanpa izin wasit. Dalam kondisi tertentu, pemain dapat mengangkat tangannya dan mendapatkan izin dari wasit. 
  3. Sebelum pertandingan dimulai, pemain dari kedua tim diharuskan untuk maju ke tengah panggung dan bersalaman (tangan kanan) sebagai simbol saling menghargai. Mereka kemudian diperkenankan kembali ke zona timnya masing-masing setelah bersalaman.
  4. Setelah pertandingan selesai, masing-masing tim akan diberikan waktu tertentu untuk saling berkomunikasi satu sama lain, kemudian akan meninggalkan posisi tepat setelah wasit meminta. Tim yang menang diperkenankan berjalan ke zona tim yang kalah dan saling bersalaman (tangan kanan) sebagai simbol saling menghargai. Tim harus bersalaman sambil berdiri.
  5. Anggota tim tidak diperbolehkan untuk membuat komentar yang ofensif atau menyinggung. Tidak diperbolehkan juga untuk melakukan tindakan meremehkan, menghasut atau mendiskriminasi kapanpun, baik itu di area pertandingan, media sosial, ataupun di area publik sekitar (Contoh: saat live-stream atau wawancara).
  6. Anggota tim tidak diperbolehkan melakukan hal-hal yang tidak senonoh, tidak sopan atau menghina kepada anggota tim lain, fans, atau panitia.
  1. Setiap anggota tim tidak diperbolehkan melakukan tindakan yang menimbulkan efek negatif baik secara langsung maupun tidak langsung terhadap keberlangsungan turnamen selama periode turnamen sedang berlangsung.

Etika Ketika Penobatan Juara

  1. Setelah pertandingan final, para pemain utama dan pemain pengganti (termasuk coach bila ada), diperbolehkan untuk melakukan selebrasi kemenangan bersama di atas panggung.
  2. Selama pemberian hadiah sedang berlangsung, semua peserta diwajibkan berdiri tegak dengan kedua tangan disilangkan di depan badan. Tangan kanan harus dikepal dan tangan kiri didepannya. Dilarang berbisik atau berbicara dengan sesama peserta. Ketika pemberian hadiah sedang berlangsung, peserta harus menerima piala atau penghargaan dengan kedua tangan dan membungkuk sebagai tanda terima kasih. Apabila pemberi hadiah menawarkan diri untuk bersalaman, peserta harus mengikuti memberi salam dan membungkuk. 
  3. Setelah hadiah diberikan, akan ada sesi foto. Peserta akan menaruh piala, medali, atau penghargaan lainnya di depan dada dan pastikan tidak memegangnya terbalik. Tidak diperbolehkan untuk memegang piala, medali atau penghargaan lainnya di bawah atau tempat lain yang tidak terlihat dengan baik.

Etika Setelah Pertandingan 

  1. Hasil: Panitia penyelenggara MLCC akan mengkonfirmasi dan merekam hasil pertandingan. Wasit akan menyatakan pemenang berdasarkan hasil pertandingan. Tim harus mematuhi keputusan wasit.
  2. Bersalaman: Setelah serangkaian pertandingan selesai, masing-masing tim akan diberikan waktu tertentu untuk saling berkomunikasi satu sama lain, kemudian akan meninggalkan posisi tepat setelah wasit meminta. Tim yang menang akan berjalan ke zona tim yang kalah dan saling bersalaman (tangan kanan) sebagai rasa hormat. Tim harus bersalaman sambil berdiri dan membungkuk sebagai rasa hormat.
  3. Pertandingan selanjutnya: Peserta akan diberi tahu peringkat mereka saat ini beserta jadwal untuk pertandingan selanjutnya.
  4. Peserta akan mengikuti rencana dari Penyelenggara dan tidak pergi kemanapun tanpa pendamping dan tanpa persetujuan. (Contoh: keluar dengan kendaraan umum, ke ruang ganti)
  5. Etika setelah pertandingan: Kompetitor akan diinformasikan mengenai kewajiban setelah pertandingan, termasuk tetapi tidak terbatas untuk: menghadiri acara media, wawancara dan diskusi penting yang berhubungan dengan pertandingan.

Perilaku Selama Kompetisi

  1. Bermain Curang: Berbohong, penipuan dan kecurangan dalam bentuk apapun akan dikenakan sanksi langsung dari pihak panitia Mobile Legends
  2. Bermain Adil: Semua tim diharuskan untuk menunjukkan sikap sportif selama acara MLCC berlangsung dan menghindari tindakan apapun yang akan mencederai prinsip dasar fair play.

Hal-hal Ilegal:

  1. Membuat atau mengeksploitasi bug: membuat atau mengeksploitasi bug di dalam game untuk memenangkan game.
  2. Penggunaan akun orang lain (account sharing): Apabila peserta menggunakan akun pemain lain di turnamen atau menyarankan peserta lain untuk menggunakan akun pemain lain yang bukan miliknya untuk digunakan di dalam pertandingan.
  3. Pengintipan layar pemain lain: Mengintip atau mencoba melihat layar lain yang bukan layar game sendiri akan dikenakan sanksi.
  4. Pemutusan Koneksi: Pemutusan Koneksi ke game yang disengaja tanpa alasan yang jelas akan dikenakan sanksi.
  5. Kecurangan: Menggunakan device atau program untuk kecurangan dalam bentuk apapun (menggunakan device atau gestur tubuh untuk memberikan sinyal untuk curang)
  6. Lainnya: Kelakuan lain yang berpotensial melanggar aturan dan standar-standar yang sudah ditentukan.
  7. Kata-kata kasar/kotor: Setiap anggota tim dilarang kata-kata yang menyinggung, kasar, vulgar, dan yang mengancam dalam bentuk apa pun di dalam game, di media sosial, atau pun di area publik yang berkaitan dengan acara (live-streaming atau wawancara)
  8. Tingkah Laku yang Tidak Sopan / Mengganggu: Semua anggota tim dilarang bersifat tidak sopan atau mengganggu terhadap anggota tim lainnya, fans, ataupun panitia acara.
  9. Gangguan Siaran Langsung: Semua anggota tim dilarang memegang atau mengganggu dengan lighting, kamera, ataupun device-device siaran langsung. Semua anggota tim dilarang berdiri di kursi, meja, atau property siaran lainnya. Semua anggota tim juga harus mengikuti instruksi dan prosedur yang sudah ditetapkan oleh panitia MLCC.
  10. Pelecehan: Semua peserta dilarang melecehkan atau menghina panitia MLCC, peserta tim lainnya, atau penonton. Anggota tim dan special guest (jika ada) wajib berperilaku sopan kepada semua individu yang sedang berpartisipasi di turnamen.
  11. Komunikasi Yang Tidak Diperbolehkan: Semua telepon seluler, tablet, atau device telepon lainnya dilanggar dibawa kedalam panggung/venue main sebelum turnamen dimulai. Semua peserta dilarang mengirim pesan, email, menelpon, atau menggunakan sosial media di panggung/venue. Selama turnamen sedang berlangsung, semua peserta hanya boleh berkomunikasi dengan sesama anggota tim.
  12. Zat/Obat-Obatan Terlarang: Semua peserta termasuk pelatih dilarang memakai atau menggunakan zat atau obat-obatan terlarang termasuk perangsang, atau obat penenang. Panitia mempunyai hak untuk melaporkan individu atau tim yang melanggar aturan ini kepada Turnamen Organizer.
  13. Pakaian Peserta: Peserta diwajibkan menggunakan seragam resmi tim selama turnamen MLCC sedang berlangsung dan saat sedang diwawancara oleh pihak MLCC. Semua anggota roster utama tim diwajibkan menggunakan seragam resmi tim selama acara sedang berlangsung. Panitia mempunyai hak untuk memeriksa semua jaket atau pakaian lain yang digunakan selama turnamen sedang berlangsung. Pihak panitia MLCC mempunyai keputusan final mengenai pakaian yang dipakai dari peserta.
  14. Identitas: Peserta dilarang menutupi atau menyembunyikan muka mereka dari panitia MLCC. Masker wajah dan topi dilarang digunakan. Apabila ada keadaan khusus yang memerlukan peserta untuk menggunakan pakaian yang dilarang, hubungi panitia untuk meminta izin untuk menggunakannya.
  15. Pemain wajib bersikap sopan dan friendly kepada siapapun tidak terkecuali penonton, kompetitor, anggota media dan wartawan, staf turnamen, dan mereka yang terlibat dalam terselenggaranya MLCC.
  16. Pemain dilarang menggunakan kata-kata kasar selama turnamen sedang berlangsung. Semua peraturan juga diterapkan di in-game chat.
  17. Pemain diharapkan untuk bertanding dengan profesional. Tim yang sengaja mengalah (throwing), memberhentikan permainan secara mendadak tanpa sebab, atau memperlihatkan kekurangan upaya untuk berkompetisi, akan diberikan penalti pertandingan, dipaksa menyerah, atau didiskualifikasi dari turnamen secara langsung.
  18. Organizer turnamen mempunyai hak untuk memberi hukuman (Lihat Bagian 10), mendiskualifikasi, atau menolak pemain yang sudah terdaftar dari turnamen dengan alasan apapun, tanpa peringatan kepada player, kapanpun saat turnamen sedang berlangsung.

Peraturan In-game

  1. Aplikasi mobile yang akan digunakan adalah Mobile Legends: Bang Bang (Developer: Moonton).
  2. Mode Permainan yang akan digunakan pada saat pertandingan adalah Tournament Mode.
  3. Tim pertama yang berhasil menghancurkan Markas tim musuh memenangkan game.
  4. Apabila pemain mengalami gangguan koneksi atau terputus dari koneksi saat pertandingan sedang berlangsung, mereka bisa meminta izin kepada panitia turnamen untuk pause pertandingan nya selama pemain sedang mencoba menghubungkan kembali ke game nya. Saat semua pemain sudah siap kembali, panitia akan melanjutkan pertandingan.
  5. Apabila ada masalah dengan server, permainan boleh diulang dengan pemilihan draft yang baru, tetapi line-up tim tidak boleh diganti.

Kendala Teknis yang Ekstrem

  1. Apabila terjadi kendala teknis yang menyebabkan panitia turnamen untuk menyatakan restart, organizer turnamen mempunyai hak untuk memberi kemenangan kepada salah satu tim. Apabila game telah dimainkan lebih dari lima menit di jam in-game (00:05:00), panitia turnamen mempunyai hak untuk menyatakan bahwa salah satu tim tidak bisa mencegah kekalahan dengan catatan bahwa kriteria telah dipenuhi.

Kriteria tersebut terbentuk seperti: 

  1. Kedua tim mempunyai perbedaan net gold sebesar 800 x menit di dalam game. Sebagai contoh, jika game sudah berlangsung selama 20 menit, Tim A mempunyai net gold 20,000 secara keseluruhan dan Tim B mempunyai net gold sebesar 38,000. Perbedaan di net gold adalah 800 x 20 menit = 16,000. Perbedaan antara Tim A dan Tim B adalah 18,000, yang lebih besar daripada 16,000 maka Tim B dinyatakan menang.
  2. Apabila perbedaan net gold antar tim tidak melebihi 800 x menit in-game, game dapat di ulang kembali.

Perilaku yang Dilarang

  1. Membuat atau mengeksploitasikan bug: membuat atau mengeksploitasikan bug di dalam game untuk memenangkan game.
  2. Penggunaan akun orang lain/berbagi penggunaan akun: Apabila peserta menggunakan akun pemain lain di turnamen atau menyarankan peserta lain untuk menggunakan akun pemain lain yang bukan miliknya.  
  3. Pengintipan layar pemain lain: Mengintip atau mencoba melihat layar lain yang bukan layar game sendiri akan dikenakan sanksi.
  4. Pemutusan Koneksi: Pemutusan Koneksi ke game yang disengaja tanpa alasan yang jelas akan dikenakan sanksi.
  5. Kecurangan: Menggunakan device atau program untuk kecurangan dalam bentuk apapun (menggunakan device atau gestur tubuh untuk memberikan sinyal)
  6. Lainnya: Kelakuan lain yang berpotensial melanggar aturan dan standar-standar yang sudah ditentukan.
  7. Kata-kata kasar/kotor: Setiap anggota tim dilarang kata-kata yang menyinggung, kasar, vulgar, dan yang mengancam dalam bentuk apa pun di dalam game, di media sosial, atau pun di area publik yang berkaitan dengan acara (live-streaming atau wawancara)Tingkah Laku yang Tidak Sopan / Mengganggu: Semua anggota tim dilarang bersifat tidak sopan atau mengganggu terhadap anggota tim lainnya, fans, ataupun panitia acara.Mengganggu Siaran Langsung: Semua anggota tim dilarang memegang atau mengganggu dengan lighting, kamera, ataupun device-device siaran langsung. Semua anggota tim dilarang berdiri di kursi, meja, atau property siaran lainnya. Semua anggota tim juga harus mengikuti instruksi dan prosedur yang sudah ditetapkan oleh panitia MLCC.
  8. Pelecehan: Semua peserta dilarang melecehkan atau menghina panitia MLCC, peserta tim lainnya, atau penonton. Anggota tim dan special guest (jika ada) wajib berperilaku sopan kepada semua individu yang sedang berpartisipasi di turnamen.
  9. Komunikasi yang Tidak Sah: Semua telepon selular, tablet, atau device telepon lainnya dilanggar dibawa kedalam panggung/venue main sebelum turnamen dimulai. Semua peserta dilarang mengirim pesan, menelpon, atau menggunakan sosial media di panggung/venue. Selama turnamen sedang berlangsung, semua peserta hanya boleh berkomunikasi dengan sesama anggota tim.
  10. Obat-obatan Terlarang: Semua peserta termasuk pelatih dilarang memakai atau menggunakan obat-obatan terlarang termasuk perangsang, atau obat penenang. Panitia mempunyai hak untuk melaporkan individu atau tim yang melanggar aturan ini kepada Turnamen Organizer.
  11. Pakaian Peserta: Peserta diwajibkan menggunakan seragam resmi tim selama turnamen MLCC sedang berlangsung dan saat sedang di wawancara oleh pihak MLCC. Semua anggota roster utama tim diwajibkan menggunakan seragam resmi tim selama acara sedang berlangsung. Panitia mempunyai hak untuk memeriksa semua jaket atau pakaian lain yang digunakan selama turnamen sedang berlangsung. Pihak panitia MLCC mempunyai keputusan final mengenai pakaian yang dipakai dari peserta.
  12. Identitas: Peserta dilarang menutupi atau menyembunyikan muka mereka dari panitia MLCC. Masker wajah dan topi dilarang digunakan. Apabila ada keadaan khusus yang memerlukan peserta untuk menggunakan pakaian yang dilarang, hubungi panitia untuk meminta izin untuk menggunakannya.

Kewajiban untuk Mematuhi Peraturan: Melanggar aturan secara sengaja maupun secara tidak sengaja akan dikenakan sanksi :

  1. Fitnah atau Diskriminasi: Semua anggota tim dilarang menggunakan kata-kata yang bisa termasuk fitnah atau diskriminasi seperti komen atau tindakan yang menyinggung ras, warna kulit, atau pun etnis seorang individu, grup, atau negara.
  2. Pelecehan: Pelecehan dalam bentuk apapun dilarang keras.
  3. Komentar Negatif: Semua peserta dilarang menjelekan nama MLCC, perusahaan yang terlibat di dalam acara, atau pun Mobile Legends: Bang Bang. Pihak MLCC mempunyai hak untuk memberi sanksi.
  4. Publikasi yang tidak sah atas informasi palsu, berbahaya, atau kebocoran informasi: Apabila anggota tim atau tim mempublikasikan informasi yang seharusnya dirahasiakan maka anggota tim atau tim akan diberikan sanksi.
  5. Investigasi terhadap perilaku kompetitor: Apabila MLCC memutuskan bahwa tim atau anggota tim telah melanggar aturan turnamen, pihak MLCC mempunyai hak untuk memberikan sanksi yang sesuai. Apabila panitia MLCC menghubungi anggota tim untuk melakukan penyelidikan, anggota tim wajib menjawab dengan jujur. Semua anggota tim yang merusak atau menghambat investigasi dengan menahan informasi atau memberikan informasi yang salah kepada pihak MLCC, maka akan diberikan sanksi.
  6. Perilaku Yang Tidak Pantas: Semua anggota tim dilarang untuk bersikap yang dianggap oleh pihak MLCC tidak sopan, kurang bermoral, atau memalukan serta tidak sesuai dengan norma yang berlaku.
  7. Perilaku Ilegal: Semua anggota tim tidak boleh melanggar hukum, aturan, atau peraturan keamanan publik yang sudah ditetapkan.
  8. Kerahasiaan: Semua anggota tim dilarang menggunakan metode komunikasi dalam bentuk apapun untuk membocorkan informasi rahasia yang diberikan pihak MLCC, pihak penyelenggara, atau perusahaan yang terkait di dalam acara.
  9. Hadiah: Anggota tim dilarang menerima hadiah, uang, atau upah dalam bentuk apapun untuk janji atau permintaan yang terkait dengan turnamen untuk sengaja mengalah, mengalahkan tim tertentu, atau untuk meninggalkan turnamen. Uang yang diberikan sponsor kepada tim dan owner sebagai appearance fee adalah pengecualian.
  10. Suap: Anggota tim dilarang memberikan hadiah atau uang kepada anggota tim lain, pelatih, manajer, wasit, panitia, petugas perusahaan penyelenggara pertandingan, atau orang-orang yang berhubungan dengan tim MLCC dengan berjanji atau meminta mengalahkan atau dikalahkan oleh tim.
  11. Menolak Perintah: Anggota tim dilarang menolak atau mengabaikan instruksi atau keputusan dari panitia MLCC.
  12. Match Fixing: Tidak ada anggota tim mengusulkan, menyetujui, merencanakan atau mencoba untuk mempengaruhi pertandingan atau hasilnya dengan hukum apapun atau cara yang dilarang. Pemain yang terlibat dalam Match Fixing akan diberi hukuman atas perilaku yang tidak jujur.
  13. Dokumentasi dan Persyaratan Lainnya: Selama durasi pertandingan MLCC, MLCC mungkin membutuhkan tim untuk menyediakan dokumentasi atau barang-barang lainnya dalam berbagai waktu. Apabila dokumentasi tidak dipenuhi atau tidak diselesaikan sesuai waktu dan standar yang diminta oleh MLCC, tim akan dikenakan hukuman.
  14. Judi: Anggota tim atau petugas yang berkaitan dengan MLCC dilarang berpartisipasi dalam taruhan atau judi yang berkaitan dengan MLCC, baik secara langsung atau tidak langsung.

Penalti

  1. Apabila ditemukan anggota tim yang melakukan pelanggaran aturan yang telah disebutkan di atas, panitia mungkin, tanpa pembatasan wewenang, menilai semua pelanggaran secara kumulatif dimulai dari turnamen dimulai untuk memutuskan intensitas penalti, baik itu Peringatan, Kartu Kuning, atau Kartu Merah yang mencakup hal-hal berikut ini:
    1. Peringatan Verbal
    2. Penalti Kartu Kuning termasuk:
  1. Kehilangan kesempatan untuk Ban saat Drafting pada game saat ini atau game selanjutnya.
    1. Penalti Kartu Merah termasuk: 
  1. Denda Uang tunai
  2. Menyerah di Game
  3. Menyerah di Pertandingan
  4. Penangguhan
  5. Diskualifikasi
    1. Tidak mendapatkan hadiah
    2. Hukuman Disiplin Khusus dan denda untuk MLCC Indonesia

Untuk pelanggaran aturan ini ada hukuman disiplin dan denda tertentu.

  1. Menggunakan pakaian yang tidak pantas saat pertandingan offline. 

—Warn 1

  1. Penyalahgunaan pause dengan sengaja atau melakukan pause untuk alasan yang tidak dapat diterima.

— Warn 1

  1. Menggunakan software pihak ketiga untuk mendapatkan keuntungan yang tidak adil 

— Kalah WO dan Ban yang tidak dapat ditawar dari MLCC (Semua hadiah uang yang tidak diklaim akan hangus) 

  1. Mengirimkan chat yang bersifat ofensif, vulgar, dan tidak pantas di in-game.

— Kalah WO pada game tersebut.

  1. Match-fixing atau dengan sengaja mengalah saat pertandingan demi keuntungan dari taruhan judi. 

— Kalah WO dan Ban tanpa perundingan dari MLCC atau acara yang terkait dengan GAEA selama 3 tahun (ban seumur hidup untuk pelanggaran yang berulang).

— Tim batal menerima kompensasi lebih jauh atau hadiah uang dari pertandingan sebelumnya selama masa ban.

Hak Penyelenggara

Penyelenggara dapat mengesampingkan salah satu aturan yang disebutkan di atas berdasarkan situasi berdasarkan kasus per kasus, atas kebijakan mereka. Keputusan Penyelenggara bersifat final setelah proses banding.

Hadiah Uang

  1. Semua hadiah uang dan tunjangan akan dibagikan kepada tim sesuai dengan kontrak pemain.
  2. Kapten tim diharuskan untuk memberikan informasi detil kepada Penyelenggara untuk melanjutkan proses transfer bank untuk berbagai hadiah uang tunai dan subsidi.
  3. Distribusi Hadiah Final

Juara 1 IDR 1.500.000 + Slot di babak Online Regional Qualifier

Juara 2 IDR 500.000

  1. Hadiah tambahan: Tim akan diinformasikan apabila terdapat hadiah tambahan oleh admin pertandingan.
  2. Pajak hadiah: pajak hadiah akan ditanggung oleh pemenang sesuai dengan peraturan pajak penghasilan (PPH 21).

Kewajiban Kerja Sama

MLCC resmi memiliki hak untuk meminta competitor untuk bekerja sama dalam berbagai aktivitas, seperti: aktifitas resmi MLCC, konferensi pers, wawancara, aktivitas sponsor acara, dan lain sebagainya yang tidak mempengaruhi pertandingan atau persiapan pertandingan.

Hak Publisitas

Panitia MLCC memiliki hak untuk mengeluarkan pernyataan bahwa anggota tim telah dihukum. Anggota tim atau tim manapun yang terlibat dalam pernyataan tersebut akan dianggap telah melepaskan hak untuk mengambil tindakan hukum kepada MLCC.

Lainnya

Tim harus membagikan semua video live dan video yang diproduksi untuk MLCC ke Facebook Page tim yang mereka miliki.

Komunikasi dengan Operator Turnamen

Jika ada pertanyaan maupun masukan anda dapat menghubungi discord tim MLCC di bit.ly/MLCCinfo

Perubahan Aturan

Admin Turnamen memiliki hak untuk mengesampingkan salah satu aturan di atas. Ini untuk menghindari pemain yang mencoba menggunakan celah dalam aturan untuk mendapatkan keuntungan yang tidak adil.

Hak Keputusan Akhir

Penyelenggara MLCC memiliki hak untuk merubah atau menghapus salah satu konten yang disebutkan di atas untuk menentukan keputusan akhir.

 

1
2
3